• Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) bercirikan pada nilai-nilai kristiani, unggul, profesional, dan peduli. Nama “Indonesia” menggambarkan kedekatan Unika Atma Jaya dengan kekhasan yang multikultur, keberagaman termasuk dalam penerimaan mahasiswa baru dari pandangan suku, ras, dan agama. Unika Atma Jaya menghidupi keberagaman ini melalui program akademik yang mengusung semangat multikultur dan kegiatan ekstra kurikuler yang peduli dan beragam dalam keterlibatan di masyarakat. Sebagai contoh, setiap tahun terdapat program KKN Tematik. Tahun 2015/2016 dilakukan di NTT. Contoh lainnya adalah program rain water harvesting (RWH) yang bekerja sama dengan Pemda DKI untuk penyediaan dan edukasi terkait air bersih di sekolah dasar dan menengah. RWH juga bekerja sama dengan CSR perusahaan-perusahaan ternama.

 

  • Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB): berdiri sejak 1960 dan selalu menjadi fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak dalam lingkungan di Unika Atma Jaya. FEB memiliki tiga prodi S1; Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan yang berkonsentrasi pada perbankan. Lulusan prodi Akuntansi FEB menjadi incaran big four company di Indonesia (KPMG, E&Y, PWC, dan Delloite, termasuk industri keuangan dan perbankan bereputasi tinggi seperti BI dan OJK). Lulusan FEB secara rerata hanya membutuhkan waktu tunggu paling lama satu setengah bulan untuk dapat terserap pasar, bahkan banyak mahasiswanya yang sudah diterima bekerja sebelum lulus. Ini berarti mahasiswa dan lulusan FEB diakui dan dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri di Indonesia. Para alumni FEB telah banyak menduduki posisi managerial dan tertinggi di beragam industri. Keunggulan FEB terletak pada keberlanjutan bidang ilmu dari S1 ke S2 di fakultas yang sama karena FEB juga memiliki prodi-prodi S2, yaitu: Magister Manajemen (MM), Magister Akuntansi (MAKSI) dan Magister Ekonomi Terapan (MET). FEB juga melibatkan para praktisi dalam bidang yang sesuai untuk mengajar mahasiswa dari tingkat S1 hingga S2. Kehadiran praktisi ini semakin memperkuat konteks karya mahasiswa dan lulusan FEB.

 

  • Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis & Komunikasi (FIABIKOM): merupakan fakultas yang dinamis menjawab tantangan jaman seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tiga program studi S1, yaitu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi dan Hospitality and Tourism Management, telah berkontribusi memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang handal di berbagai  perusahaan nasional maupun internasional hingga jenjang CEO. Selain itu FIABIKOM juga memiliki satu program studi S2 baru yaitu Magister Administrasi Bisnis. Sebanyak 80% tenaga pengajar telah  bergelar doktor yang merupakan lulusan dari universitas yang ternama. Memiliki hubungan kerjasama luar negeri yang sangat kuat dengan berbagai universitas di Amerika Serikat, Eropa, Australia dan lain sebagainya. Program internasional yang mumpuni dan berkelanjutan: setiap tahun terdapat 70-an mahasiswa yang berasal dari berbagai negara belajar di fakultas ini dan setiap tahun, juga secara rutin kami mengirimkan dosen dan mahasiswa ke luar negeri.  Di tahun 2016 ini saja, kami telah mengirimkan 15 orang mahasiswa mengikuti pertukaran pelajar dengan beasiswa penuh ke Jerman.

 

  • Fakultas Pendidikan & Bahasa (FPB): memiliki tiga prodi S1, yaitu: Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan & Konseling, Teologi, dan Pendidikan Guru SD (PGSD). FPB memiliki keunggulan pada inovasi program studi Linguistik Terapan S2 dan S3 pertama dan terunggul di Indonesia karena adanya dosen dan guru besar yang mumpuni dalam bidang tersebut. Jejaring FPB di bidang pendidikan selain di sekolah-sekolah nasional terakreditasi dan unggulan, juga jejaring pemerintahan sehingga pandangan para pakar didengarkan dan sering menjadi rujukan nasional. Karya PGSD hingga ke ujung timur Indonesia, yaitu Sorong, Papua; melalui program distance learning telah mendapatkan acungan jempol oleh pemda setempat serta kalangan pemerintah pusat. Karya ini menunjukkan konsentrasi kepedulian sosial Unika Atma Jaya bagi Indonesia.

 

  • Fakultas Teknik (FT-UAJ): Fakultas Teknik memiliki 5 prodi S1 (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Manufaktur dan Sistem Informasi), dan 2 prodi S2 (Magister Teknik Mesin dan Magister Teknik Elektro). Keunggulan FTUAJ karena kualitas kepakarannya dengan dua guru besar/professor bidang teknik mesin dan dua guru besar/professor bidang teknik elektro. Tahun 2016 Beberapa dosen FT-UAJ dikenal luas sebagai narasumber maupun pakar dalam bidang energi, otomotif, komputasi, kecerdasan buatan, dan computer security. FT -UAJ juga dipercaya untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Insinyur oleh Kemeristekdikti. Kerekatan alumni FTUAJ juga menunjukkan kuatnya jejaring mahasiswa dengan para alumni melalui Yayasan Alumni Fakultas Teknik yang aktif memberikan dukungan dalam bentuk beasiswa dan kegiatan jejaring lainnya.  Sejumlah alumni FTUAJ menduduki jabatan strategis dan penting di perusahaan nasional dan multinasional seperti Honda Prospect Motor, Astra Honda Motor, Suzuki Indomobil Motor, HM Sampoerna, Nokia, Indosat, Huawei, Schneider, Siemes, Hewlett-Packard, Microsoft dan IBM.  Jaringan kerja sama akademik FT sangat kuat dengan berbagai negara maju seperti: Jepang, Korea, dan Taiwan dalam hal pertukaran mahasiswa dan visiting professor. FTUAJ juga memiliki kerjasama dengan berbagai industri seperti PT.  Astra Honda Motor, PT. Schneider, PT. Orang Tua Group, dan masih banyak lagi.

 

  • Fakultas Hukum (FH): memiliki program studi S1 dan S2. Kurikulum FH dirancang dengan tujuan mahasiswa mendapat pemahaman teori maupun praktik. Pengayaan mahasiswa FH melalui mata kuliah terapan seperti: Legal Drafting, Contract Drafting, Legislative Drafting, dan matakuliah Praktek Magang Kerja makin mendekatkan mahasiswa dengan praktik nyata kelak. Pada jenjang Magister Ilmu Hukum ditawarkan empat peminatan: Hukum Perdagangan Internasional, Hukum Perbankan, Hukum Hubungan Industrial dan Sumber Daya Manusia, serta Hukum Pajak. Program Magister Ilmu Hukum dapat diikuti oleh Sarjana berbagai disiplin ilmu, tidak hanya oleh sarjana hukum. Program unggulan FH untuk masyarakat luas adalah Certified Human Resources Program (CHRP) yang telah menghasilkan lebih dari 1.000 alumni. FH juga sangat luas berjejaring dengan pemerintah dan masyarakat melalui: LPSK (Lembaga Perlindungan Sanksi dan Korban), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), RRI (Radio Republik Indonesia), PERADI (Persatuan Adkocat Indonesia), dll

 

  • Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya (FK-UAJ): merupakan fakultas kedokteran terbaik dengan hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) selalu pada peringkat tinggi dengan kelulusan rerata 98-100% sejak diluncurkannya UKMPPD. FKUAJ juga mengunggulkan fokus pada kedokteran perkotaan yang berkonsentrasi pada masalah kesehatan lansia. Rumah Sakit Atma Jaya sebagai RS Pendidikan dan FKUAJ memiliki Atma Jaya Cognitive & Aging Research yang aktif melakukan penelitian dan berkarya bagi komunitas terutama dalam bidang kesehatan dan kedokteran geriatri. FK-UAJ memiliki Museum Anatomi yang telah meraih berbagai penghargaan sebagai museum terbaik, seperti: Anugerah Purwakalagrha, Museum Awards 2015 kategori Perguruan Tinggi Peduli Museum; dinominasikan untuk Museum Pintar; Museum inovatif dan kreatif dari pemerintah DKI Jakarta, Museum kreatif dan inovatif dari  Komunitas Jelajah.

 

  • Fakultas Psikologi (FP-UAJ): memiliki keunggulan pada sinerginya prodi-prodi psikologi dari S1, Profesi, dan Magister. Bukti keunggulan secara akademik ditunjukkan dengan diperolehnya akreditasi A selama tiga periode berturut-turut (kurang lebih 15 tahun). Hal ini dicapai dengan adanya dukungan staf fakultas yang terdiri atas lima orang profesor, hamper separuh dosen bergelar doktor, dan sekitar 20% dosen segera menjadi d Kultur kekeluargaan di FPUAJ memperkembangkan atmosfer kesetaraan sehingga mahasiswa mendapatkan mentorship yang maksimal dari para dosen. Hubungan antara dosen dan mahasiswa sangat akrab; tesimoni para alumni menyebutkan bahwa FPU-AJ adalah rumah mereka dan mereka merasa betah di dalamnya. Prestasi mahasiswa di berbagai bidang akademik, seni, olah raga; diraih karena sistem mentorship yang kental. Prodi Magister Psikologi Sains dengan peminatan Psikologi Kesehatan dan Psikologi Temu Budaya merupakan keunggulan prodi S2 yang sangat kontekstual menjawab tantangan pekerjaan lintas profesi. Keterlibatan dosen dalam penelitian psikologi dan lintas bidang ilmu sangat berkembang; hasilnya berbagai buku karya dosen menjadi rujukan. Lulusan prodi S1 Psikologi, tersebar di perusahaa, lembaga asesmen, konsultan HR, dll.

 

  • Fakultas Teknobiologi (FTb-UAJ): merupakan fakultas termuda di Unika Atma Jaya, namun sangat berprestasi dalam bidang penelitian, seluruh dosen di FTb memiliki proyek penelitian sehingga biaya penelitian mahasiswa tugas akhir selalu termasuk dalam biaya penelitian para dosen pembimbing. Sebanyak 20-25% lulusan FTb-UAJ diserap dalam bidang R&D perusahaan dan lembaga penelitian internasional seperti salah satunya Genome Institute di Singapura. Selain itu, dalam tahun 2016 ini, sedikitnya 7 orang lulusan S1 FTb mendapatkan beasiswa ke luar negeri untuk menempuh S2 dan S3, melalui lembaga pendana beasiswa yang prestisius. Jaringan kerja sama FTb sangat kuat dengan berbagai negara manca seperti: Malaysia, Jepang, Korea, Amerika Serikat. FTb juga memiliki S2 bidang teknobiologi yang dibutuhkan bagi dunia usaha dan industry terutama bidang terkait biologi, pangan, teknologi industry, teknologi pangan, biomedik.