BINUS University menjadi salah satu dari 12 universitas anggota NUNI yang menjadi universitas tujuan dalam Program Merdeka Belajar NUNI (PMBN) untuk Semester Genap 2020-2021.  Pada tanggal 18 Februari 2020, BINUS menyelenggarakan acara pembukaan sekaliagus orientasi kepada mahasiswa PMBN.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ibu Diah Wihardini, Ph.D selaku perwakilan dari Sekretariat NUNI dan juga sambutan dari 2 Dekan yaitu Ibu Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si., selaku Dekan Fakultas Humaniora dan Bapak Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom selaku Dekan School of Computer Science.

Kegiatan ini dihadiri oleh 42 mahasiswa yang telah diterima untuk melaksanakan PMBN selama 1 semester di BINUS University. Berikut daftar universitas asal dari para mahasiswa, yaitu:

  1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (2 Mahasiswa)
  2. Universitas Islam Indonesia (3 Mahasiswa)
  3. Universitas Katolik Parahyangan (1 Mahasiswa)
  4. Universitas Kristen Maranatha (2 Mahasiswa)
  5. Universitas Kristen Petra (3 Mahasiswa)
  6. Universitas Muhammadiyah Malang (1 Mahasiswa)
  7. Universitas Padjadjaran (30 Mahasiswa)

Fakultas yang dipilih oleh mahasiswa antara lain BINUS Undergraduate Program, Computer Science, Design, Economics & Communication, Humanities dan Information Systems.

Orientasi akademik kepada para mahasiswa PMBN diberikan oleh Ibu Laily Alfa Citra dan Ibu Arina Ully Wahyu Utami yang juga berperan dalam proses seleksi mahasiswa PMBN ke BINUS. Dalam kegiatan ini, ada beberapa hal tentang BINUS yang dijelaskan kepada para mahasiswa sebagai bentuk pengenalan kampus sehingga mahasiswa tidak canggung lagi ketika mengikuti perkuliahan.