Jakarta, 15 Mei 2023 – Program International Community Development Program (ICDP) 2023, yang diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 14 Mei dengan fokus pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah DKI Jakarta.  Peserta yang terdiri dari BINUS University, Passage to ASEAN Network, dan Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI) membentuk kelompok dan bersama-sama mengidentifikasi kendala yang dihadapai oleh UMKM serta mengembangkan solusi alternatif yang berfokus pada pengguna dengan teknik pengamatan lapangan serta wawancara.

Terdapat 3 mahasiswa dari universitas anggota NUNI yang mengikuti program ini antara lain Gurpreet Kaur (Program Studi Hubungan International, Universitas Hasanuddin), Phebe (Program Studi International Business Management, Universitas Kristen Petra), dan Tania Uli Yanti (Program Studi Management, Universitas Kristen Maranatha).

Program ini bertujuan untuk mendorong perubahan positif melalui upaya kolaboratif dan penerapan Design Thinking untuk mendalami tentang pendekatan pemecahan masalah yang berpusat pada pengguna. Melalui sesi lokakarya yang diselenggarakan, mereka memperoleh pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip Design Thinking dan menerapkannya dalam konteks pengembangan UMKM. Pendekatan ini memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi solusi inovatif yang mengatasi tantangan yang dihadapi oleh komunitas target.

“Program ini tidak hanya memberi pengalaman untuk dapat mengimplementasikan tentang pendekatan Design Thinking serta sangat antusias karena dapat digunakan pada proyek ini. Inovasi dan dampak yang diberikan tentu sangat menginspirasi saya untuk dapat mendalami ini setelah kegiatan ini berlangsung,” ujar Gurpreet Kaur dari Universitas Hasanuddin.

Hasil dari upaya kolaboratif ini sungguh menginspirasi. Peserta ICDP 2023 menunjukkan kemampuan kreatifnya dengan menghasilkan berbagai solusi yang fokus dan inovatif yang dapat berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan UMKM di Jakarta. Solusi-solusi menonjol termasuk pengembangan wadah e-commerce lokal yang bertujuan untuk memfasilitasi akses produk dan pemasaran bagi UMKM, serta program pelatihan dan pendampingan bisnis untuk meningkatkan kapabilitas pemilik UMKM. Selain itu, peserta juga mengeksplorasi pendekatan ramah lingkungan dalam pengembangan produk.

Sebagai salah satu anggota dari jejaring Passage to ASEAN (P2A) yang memberi mahasiswa anggotanya kesempatan melalui program yang berfokus pada pengembangan dampak di masyarakat dan pendidikasi, BINUS University selaku tuan rumah dari ICDP 2023 ikut mendorong partisipasi aktif dari anggota P2A di regional untuk turut serta dalam misi tersebut.

ICDP 2023 menandai awal dari perjalanan yang berkelanjutan daripada akhir dari upaya tersebut. Program ini telah membekali mahasiswa dengan alat dan inspirasi untuk terus terlibat dalam pengembangan masyarakat dan menjadi agen perubahan sosial. Tunggu informasi lebih lanjut karena program ini akan mengunjungi tiga kota lainnya!