Jimbaran, 1 September 2023 – Kolaborasi BINUS University bersama dengan Universitas Udayana hadir kembali sebagai bentuk kelanjutan dari suksesnya Program International Community Development Program (ICDP) 2023 setelah sukses diselenggarakan di Malang pada tahun 2022, kemudian di Bandung, dan Jakarta awal tahun ini.

ICDP merupakan special program yang memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa domestik serta negara sahabat yang berpartisipasi untuk memperkaya pengetahuan dalam studi mereka.


Melalui rangkaian kegiatan ini yang mengambil latar di Jimbaran, Bali, mahasiswa berkesempatan untuk berinteraksi dengan pemangku kepentingan di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta membenamkan diri dalam pengalaman budaya yang unik. Peserta diberi ruang untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan berkolaborasi untuk merumuskan solusi inovatif. Pendekatan pembelajaran ini diharapkan dapat menjembatani teori akademis dengan aplikasi dunia nyata.

Atalia, mahasiswa Universitas Udayana menyatakan, “Program ini membuka wawasan saya, khususnya melalui kegiatan untuk mengembangkan proyek kami hingga mini Gallery Walk. Sebagai mahasiswa jurusan Sastra Inggris, ini merupakan pertama kalinya saya terjun ke dunia digital dan bisnis sehingga memberi kesempatan untuk mengeksplorasi bidang ini serta menambah jejaring tidak hanya dari universitas saya serta seluruh ASEAN.”

Syabitha, mahasiswa BINUS University, menambahkan, “Program ini tidak hanya sangat menyenangkan karena kami dapat mengasah keterampilan pemecahan masalah secara kreatif dan berpikir kritis bersama dengan mahasiswa dari berbagai universitas dan negara. Jadi, selain pengetahuan, kami juga membangun koneksi yang langgeng.”

Kemitraan ini memfasilitasi implementasi ICDP 2023 dan menyatukan mahasiswa berbakat dari kedua institusi, memupuk pertukaran pengetahuan antar-institusi. Selain itu, peserta dari universitas internasional bergengsi seperti University of Malaya di Malaysia, Panpacific University di Filipina, dan Dong Nai Technology University di Vietnam turut menciptakan lingkungan belajar yang kaya.

Program ICDP 2023 berkomitmen untuk mempromosikan kewirausahaan dan memberdayakan UMKM melalui keterlibatan kolaboratif untuk mendorong inovasi yang meningkatkan kualitas, efisiensi, dan daya saing UMKM di pasar lokal dan internasional dengan memberikan akses ke pengetahuan, pelatihan, dan sumber daya.