Jakarta, 6 Oktober 2023 – Setiap tahunnya, dunia teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat, memberikan tantangan serta peluang baru baik bagi para profesional maupun akademisi dalam hal menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Untuk menjawab kebutuhan akan pengetahuan dan pemahaman terkini dalam dunia Teknologi Informasi, NUNI telah secara rutin menyelenggarakan salah satu program unggulan yang bertajuk NUNI IT Online Seminar yang sudah memasuki fase ke 5 dan telah diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 6 Oktober 2023. Terdapat 7 universitas anggota NUNI yang menjadi penyelenggara kegiatan ini antara lain Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Indonesia, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Surabaya dengan tema besar yaitu How Information Technology Shape Our Future.

Acara ini diadakan secara daring melalui platform Zoom dan salah satu aspek yang menjadikan NUNI IT Seminar begitu menarik adalah banyaknya jumlah sesi yang ditawarkan dengan masing-masing topik yang menarik. Acara seminar ini membuka 33 sesi yang mencakup berbagai topik terkait teknologi informasi dengan 32 Sesi untuk Mahasiswa S1 dan 1 Sesi untuk Mahasiswa S2/S3 serta Dosen. Para peserta dapat memilih sesi-sesi yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Topik yang disediakan oleh pembicara Secara garis besar mengenai Artificial Intelligence (AI), Deep Learning, ChatGPT, AI in Healthcare, Data Science, Machine Learning, Digital Forensic, serta topik-topik menarik lainnya.

NUNI IT Online Seminar Phase #5 tidak hanya menyuguhkan beragam topik yang menarik, tetapi juga menghadirkan 33 dosen yang berasal dari bidang IT. Para pembicara ini berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan mereka dalam dunia IT kepada para mahasiswa, dosen, serta peserta yang berasal dari luar institusi Pendidikan. Terdapat salah satu pesan yang diutarakan oleh pembicara Bapak YB Dwi Setianto yang berasal dari Universitas Katolik Soegijapranata, beliau menyampaikan bahwa “AI tidak dapat menggantikan manusia. Namun AI akan berdampingan dengan manusia”. Hal tersebut sejalan dengan topik-topik pada sesi lainnya bahwa Teknologi Informasi berguna bagi kehidupan manusia dalam berbagai industri baik dalam kesehatan, pemasaran, bahkan pertanian.

Salah satu peserta mengatakan “Saya menjadi lebih tau mengenai database dengan aplikasi MySQL”, setelah mengikuti sesi yang berjudul Making and Translating from ERD to SQL Table. Tahun ini, kegiatan NUNI IT Online Seminar Phase #5 mencapai total 3.928 partisipan. Ini menunjukkan besarnya minat mahasiswa, dosen, dan publik terhadap pembelajaran dan pemahaman tentang IT masih sangat besar. Program ini adalah bukti nyata komitmen NUNI dalam mendukung perkembangan dan pemahaman IT melalui akademisi dari universitas anggotanya. Mengingat ini merupakan salah satu program unggulan dari NUNI, Kantor Sekretariat NUNI juga berharap lebih banyak universitas anggota NUNI lainnya yang akan berpartisipasi pada fase selanjutnya guna memberikan lebih banyak variasi topik dari para pembicara.