Jakarta, 19 Maret 2024 – Pada tanggal 15 Maret 2024 telah diluncurkan kerjasama antara Nationwide University Network in Indonesia (NUNI), United Nations (UN) in Indonesia, dan Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI) bernama “Indonesia’s Digital Transformation Multi-Stakeholders Partnership”. Kerjasama ini merupakan komitmen bersama yang dibangun untuk menerapkan inklusi digital bagi masa depan Indonesia.

Inisiatif ini dibuat untuk mengumpulkan stakeholders yang berasal dari berbagai latar belakang seperti pendidikan dan pemerintah yang diberi wadah untuk saling berdialog secara terbuka, berbagi pengetahuan, dan juga untuk menciptakan kolaborasi yang memberikan solusi serta kontribusi dari para ahli  yang signifikan untuk inisiatif ini.

Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi transformasi digital untuk Pembangunan Berkelanjutan serta mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Pemerintah. Pada inisiatif ini mengidentifikasi 5  pilar yang menjadi dasar esensial untuk menjalankan transformasi digital di Indonesia yaitu Digital Skills, Digital Safety, Digital Culture, Digital Ethics, dan Digital Economy.

Pada acara ini juga telah dilakukan pledge signing ceremony yang dilakukan oleh pimpinan dari masing-masing inistitusi yang bekerjasama dalam inisiatif ini. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan dampak nyata pada masyarakat.