Medan, — Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI) sukses menggelar rangkaian acara tahunan 2024 yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 27 Agustus 2024 di Medan, Sumatera Utara.  

 (Editor Foto: Mufti Warits)

Sejak NUNI didirikan pada tahun 2011, setiap anggota memiliki kesempatan untuk menyelenggarakan acara ini. Tahun ini Universitas Sumatera Utara (USU) terpilih menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan tiga rangkaian acara: Presidential Forum, Annual Meeting, dan Student Camp.

Ajang ini mempertemukan para pimpinan universitas, dosen, dan mahasiswa dari 21 perguruan tinggi anggota NUNI untuk merepresentasikan agenda NUNI dalam pertukaran akademik, dialog antar pimpinan universitas, dan pengembangan potensi mahasiswa yang mencerminkan empat pilar NUNI sebagai upaya memperkuat kolaborasi melalui program pertukaran staf, dosen, dan mahasiswa, pengembangan penelitian dan inovasi, serta meningkatkan reputasi internasional.

 (Editor Foto: Mufti Warits)

Presidential Forum dan Annual Meeting merupakan wadah penting bagi para pimpinan universitas untuk menyelaraskan visi dan memperkuat komitmen mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan melaui transformasi digital pada sistem operasional pergururan tinggi maupun menguatkan kolaborasi bukan hanya antar anggota NUNI tetapi juga dengan mitra-mitra strategis, yaitu lembaga pemerintahan, organisasi internasional, mitra industri, dan lembaga kemasyarakatan.

Melihat keberhasilan dalam membangun kemitraan strategis ini, Prof. Dr. Ir. Y. Budi Widianarko, Ketua Pengurus NUNI, menyatakan dalam forum pertemuan, “Setelah sukses dengan kolaborasi Transformasi Digital, melalui pertemuan ini kami menyepakati untuk memperkuat internasionalisasi perguruan tinggi NUNI dan memperluas kemitraan global berdasarkan empat pilar NUNI.”

Inisiatif kemitraan untuk mendukung transformasi digital di Indonesia telah mulai dijajaki oleh NUNI yang bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI) dalam penyelenggaraan Workshop Multi-Stakeholder: Mendorong Percepatan Transformasi Digital di Indonesia yang digelar pada 15 Maret 2024 di Kampus Anggrek, BINUS University.

 (Editor Foto: Mufti Warits)

Salah satu langkah NUNI dalam menjalankan agendanya dengan mengembangkan potensi kepemimpinan mahasiswa dengan diselenggarakannya Student Camp bagi mahasiswa dari perguruang tinggi anggota NUNI untuk memberi kesempatan  berinteraksi , meningkatkan keterampilan kepemimpinan, serta membangun kerja sama antar individu.

“NUNI memiliki peran penting dalam membangun kemitraan yang berdampak besar pada pendidikan di Indonesia, serta berkontribusi pada pemberdayaan dan kemajuan masyarakat,” tegas Rektor BINUS University, Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA.

Student Camp tahun ini menawarkan pengalaman bagi peserta untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan industri lokal. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi budaya setempat dan mencicipi kuliner lokal, serta mempelajari praktik berkelanjutan dengan melihat proses daur ulang di Pabrik ARTSARI, yang berkomitmen untuk mencapai Zero Waste dalam proses bisnisnya.

 (Editor Foto: Mufti Warits)

Velyanie Angelica, mahasiswa dari program Creative Communication di BINUS @Bekasi, berbagi pengalamannya setelah timnya meraih juara ketiga dalam kompetisi ide bisnis inovatif. Mereka mengusulkan penggunaan limbah kulit buah naga untuk produksi kopi, sebagai alternatif solusi dalam mengatasi masalah diabetes yang banyak terjadi di Indonesia.

“Acara NUNI ini sangat berkesan dan menyenangkan. Saya mendapat pengalaman luar biasa bertemu dan berinteraksi dengan mahasiswa dari 13 universitas anggota NUNI. Di Kemah Mahasiswa, kami menjalin persahabatan, belajar tentang budaya dan latar belakang akademik masing-masing, serta mendiskusikan masalah sosial sambil mencari solusi,” tutur Velyanie.

 (Editor Foto: Mufti Warits)

Penyelengaraan ketiga rankaian acara Presidential Forum, Annual Meeting, dan Student Camp  merupakan upaya NUNI untuk terus membangun komunitas akademik aktif dalam mendukung agenda NUNI  memajukan pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kolaborasi, pertukaran pengetahuan, dan inovasi bersama untuk mendorong universitas-universitas di Indonesia terus berkembang di era globalisasi yang kian kompetitif.

Sampai bertemu di kegiatan selanjutnya!

(Penulis: Mita Adhisti/Penyunting: Hamzah Ramadhan)