Jakarta, 23 September Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI) yang diwakilkan oleh tiga universitas anggotannya, yaitu BINUS University, Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Islam Indonesia (UII)  berpartisipasi pada acara European Asociation for International Education (EAIE) Conference and Exhibition yang ke-34 di Toulouse, Prancis, pada tanggal 17-20 September 2024.

(Foto Editor: Mufti Warits) 

EAIE tiap tahunnya rutin menyelenggarakan konferensi dan pameran di salah satu negara Eropa yang ditunjuk menjadi tuan rumah dan acara ini telah berjalan sejak tahun 1989 dimulai di Amsterdam, Belanda. Sebagai salah satu penyelenggara konferensi dan pameran pendidikan terbesar di Eropa, acara EAIE Toulouse 2024 berhasil dihadiri lebih dari 7.300 partisipan dari 110 negara, termasuk BINUS University dan beberapa universitas dari Indonesia lainnya.  

“Partisipasi NUNI pada acara EAIE Toulouse 2024 akan menjadi bagian dari upaya memperkuat internasionalisasi perguruan tinggi NUNI dan memperluas kemitraan global berdasarkan empat pilar NUNI, yaitu mobilitas mahasiswa, mobilitas dosen maupun tendik, serta kolaborasi dalam riset & inovasi serta memperkuat reputasi global,” tujuan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Y. Budi Widianarko, Ketua Pengurus NUNI, dalam acara Presidential Forum, Annual Meeting, dan Student Camp, yang diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, 26 Agustus lalu.  

(Foto Editor: Mufti Warits) 

Dalam kesempatan ini, NUNI turut mengundang Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) untuk berkolaborasi membuka Booth bersama selama empat hari di acara pameran, yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan di EAIE Toulouse 2024. Keikutsertaan IPB dan UMSU bersama BINUS University, UNPAD dan UII dalam ajang internasional ini menampilkan keragaman potensi unggulan universitas-universitas Indonesia. 

(Foto Editor: Mufti Warits) 

“Dalam proses penjajakan kerja sama yang terus berjalan ini, kami mendapatkan beberapa tawaran kerja sama bilateral untuk diekspansi ke universitas anggota NUNI lainnya, salah satunya Erasmus+ dalam program mobilitasi mahasiswa. Berita baik ini kami sampaikan ke Sekretariat NUNI untuk proses tindak lanjutnya,” ujar Bapak Satrio Nugroho, Program & Collaboration Section Head (International Higher Education Institution Non-Asia) di BINUS University.  

Komitmen NUNI untuk terus membangun dan memperkuat kerja sama strategis dengan mitra lokal dan internasional ini telah dimulai sejak tahun 2011. Kami percaya upaya ini akan menciptakan kolaborasi berkelanjutan yang memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas pendidikan yang berdaya saing global bagi masyarakat Indonesia.  

(Penulis: Mita Adhisti/Penyunting: Hamzah Ramadhan)